Tips Mengatasi Kendala Bahasa Saat Traveling ke Luar Negeri

Sewa Mobil Malang, Sewa Mobil Batu, Rental Mobil Malang, Sewa Mobil Batu Malang, Travel Malang, Travel Malang Surabaya

Bagi sobat traveler yang berkeinginan traveling keluar negeri tentunya jauh-jauh hari sudah mempersiapkan tiket pesawat, hotel dan penginapan sebagai sarana pendukung kelancaran traveling yang dilakukan. Setelah mengetahui tips memilih tiket pesawat murah dan mencari hotel atau penginapan murah, tahukah sobat traveler masih ada satu kendala yang sering dihadapi para traveling bila berkunjung atau melakukan traveling ke negara lain. Yaitu kendala bahasa yang tidak sama dengan bahasa kita gunakan, karena bahasa sebagai sarana komunikasi sangat penting untuk kita perhatikan. Berikut tips mengatasi kendala bahasa bila melakukan traveling ke luar negeri, simak dan perhatikan tipsnya :


Menggunakan Bahasa Isyarat

Bila sedang berada di luar negeri dan berkeinginan menyampaikan sesuatu tetapi terkendala dengan bahasa, pergunakanlah bahasa isyarat, karena bahasa isyarat sarana yang paling efektif yang bisa disampaikan bila anda berkeinginan berkomunikasi atau menanyakan sesuatu yang anda perlukan kepada penduduk lokal. Namun perlu juga dipahami terkadang bahasa isyarat yang kita sampaikan belum tentu mempunyai kesamaan dengan bahasa isyarat yang dimengerti lawan bicara kita, misalnya di negara kita Indonesia atau dibeberapa negara pada umumnya menggelengkan kepala dapat diartikan tidak, di India menggelengkan kepala dapat berarti iya tergantung kepada gelengannya. Untuk itu sebelum bebergian wisata keluar negeri ada baiknya sedikit banyak mempelajari bahasa atau paling tidak isyarat yang umum dipergunakan di negara yang akan kita tuju.

Memperbanyak Senyuman

Bila traveling ke luar negeri dan anda mengalami kendala bahasa untuk berkomunikasi, tersenyumlah karena tersenyum adalah bahasa yang universal. Perlihatkan keramahan kepada lawan bicara anda, meskipun mereka tidak mengerti apa yang anda ucapkan paling tidak mereka menangkap kesan bahwa anda seorang yang ramah, bersahabat dan tidak mempunyai maksud jahat. Dengan menunjukkan keramahan melalui senyuman akan membuat lawan bicara anda berusaha memahami dan mengerti apa yang anda inginkan, karena mereka memandang anda bukanlah orang yang jahat, melainkan orang yang membutuhkan bantuan. Namun jangan berlebihan, karena bila berlebihan lawan bicara anda malah menganggap anda sebagai orang gila 🙂

Memberikan Contoh dan Gerakan

Traveling ke luar negeri memang bisa menjadi moment yang sangat menyenangkan, walaupun seringkali kita terkendala oleh faktor bahasa. Namun hal itu tidak menjadi penghambat bagi para traveler untuk berlibur ke luar negeri. Bila sedang berada di luar negeri, dan berkeinginan membeli sesuatu namun anda terkendala oleh bahasa, tindakan yang paling mudah dilakukan adalah membawa atau memberikan contoh barang yang bermaksud anda beli, misalnya ingin membeli tissue gulung, tunjukin saja tissue atau gulungannya, orang akan paham apa yang anda inginkan. Bila tidak sempat membawa contoh bisa saja menirukan gerakan, misalnya pada saat ingin membeli ayam goreng tunjukin dan tirukan saja kokok ayam dan mengepak-epakkan sayap layaknya seekor ayam, agak konyol memang tetapi ini bisa jadi jurus ampuh agar orang bisa mengerti apa yang anda maksud.

Menunjukkan Referensi Gambar

Bila dengan menunjukkan contoh atau menirukan dengan gerakan apa yang anda inginkan, masih juga belum dimengerti oleh lawan bicara anda saat traveling keluar negeri, alternative berikutnya yang bisa dilakukan adalah menunjukkan gambar apa yang anda inginkan, bisa melalui gambar di Koran, majalah atau mungkin anda mempunyai kemampuan membuat gambar yang mirip bisa di gambarkan melalui kertas. Dapat juga menunjukkan gambar melalui media lain seperti gambar di ponsel, poster, atau billboard yang ada di sekitar anda. Namun bila keinginan anda masih belum bisa dimengerti dapat memberikan pemahaman melalui sebuah tulisan, karena ada beberapa hal yang lebih baik dikomunikasikan dengan tulisan karena menyangkut pengucapan dan intonasi. Perbedaan intonasi dapat mengakibatkan arti yang berbeda pula.

Memakai Alat Bantu untuk Penjelasan

Apabila kendala bahasa sudah menyangkut dan membicarakan angka atau harga, cara yang paling mudah dilakukan agar lawan bicara kita memperoleh pemahaman yang sama adalah menggunakan alat bantu, seperti media tulisan. Namun bila tidak memungkinkan melakukan hal ini dikarenakan tidak ada media buat menulis, bisa juga menggunakan media alat bantu lainnya seperti kalkulator, atau yang paling efektif menggunakan media ponsel agar memperoleh pemahaman yang sama tentang memutuskan harga yang telah disepakati, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang berujung perdebatan atau mungkin bisa berujung tindakan yang fatal lainnya seperti perkelahian.

Mencoba Menghafalkan Kata-Kata Penting

Sebelum berangkat traveling keluar negeri ada baiknya sobat traveler berusaha menghafalkan beberapa kosakata penting yang biasa dipergunakan dalam percakapan sehari-hari, seperti kata tolong, maaf, terima kasih, dimana, kamar kecil, naik apa, dan lain sebagainya. Buatlah catatan beberapa kata yang sulit diingat agar mempermudah anda bila mengharuskan berkomunikasi menggunakan kata-kata tersebut. Dan tentunya sampaikan semuanya dengan keramahan agar lawan bicara anda atau penduduk lokal disana bisa memahami apa yang anda ucapkan dan apa yang anda inginkan.

Meminta Bantuan Orang di Sekeliling

Ketika traveling keluar negeri dan bahasa menjadi kendala yang sangat krusial, karena tidak satupun tips diatas yang bisa dimengerti lawan bicara kita. Ini saatnya anda mencari bantuan dari orang di sekeliling, cari dan mintalah tolong kepada orang yang terlihat terpelajar, misalnya orang yang memakai kacamata dan memakai pakaian berjas, pakailah bahasa isyarat atau bahasa universal yang lain yang menandakan anda meminta tolong untuk melakukan sesuatu, atau memberikan pemahaman kepada lawan bicara anda sebelumnya. Orang yang terpelajar dan mempunyai latar pendidikan yang baik akan lebih mudah memahami bahasa isyarat yang kita sampaikan karena memiliki nalar dan lebih mudah menerima common sense, sehingga akan lebih bisa menyampaikan apa yang kita inginkan kepada orang lain.

Meskipun seringkali bahasa menjadi kendala disaat kita melakukan traveling ke luar negeri, semuanya bisa kita atasi asalkan kita mempunyai kemauan dan tekad yang kuat untuk membuat orang lain mengerti dan paham apa yang kita inginkan. Karena selalu ada bahasa universal yang bisa dimengerti semua orang dibelahan dunia ini

Sumber : http://www.wisesatravel.com/2015/02/tips-mengatasi-kendala-bahasa-saat.html#ixzz4uXjCTqNk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + thirteen =